Ratusan Polisi Probolinggo Dites Urine

Mencegah penyalahgunaan Narkoba, Polres Probolingggo melakukan tes urine pada anggota, Senin (4/4) kemarin. Ratusan anggota menjalani tes urine yang dilakukan secara dadakan tersebut. Seusai mengikuti apel pagi, sekitar 200 anggota dari semua satuan mengikuti tes urine. Tak hanya anggota, para perwira seperti Kapolsek, Kasat, Kabag dan Waka mengikuti tes urine ini.

Tak terkecuali Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setyawan, juga menjalani tes urine yang melibatkan petugas Satreskoba dan Propam. Tujuannya, selain untuk memagari peredaran Narkoba di lingkungan aparatur negara, juga bertujuan memberi teladan yang baik  kepada masyarakat.

“Melaksanakan tes urine dalam rangka kita mengawasi dan membersihkan ke dalam. Semua perwira ikut, termasuk Kapolres. Tes ini bertujuan supaya anggota kepolisian ini benar-benar bersih dari Narkoba,” kata Wakapolres Probolinggo, Kompol Sujiono.
Hingga dua jam, petugas melakukan pemeriksaan urine. Tidak ditemukan sampel urine anggota dan perwira yang positif mengkonsumsi Narkoba. Tes urine akan terus dilakukan secara rutin dua pekan sekali. Bahkan hingga ke jajaran anggota yang bertugas di Polsek.

Sementara itu Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setiyawan mengungkapkan, upaya pencegahan penggunaan Narkoba melalui operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) 2016 yang dilakukan jajaran Polres Probolinggo tidak hanya dilakukan untuk khalayak umum. Namun, juga dilakukan di internal kepolisian.

 “Tes urine ini selain mendukung adanya Operasi Bersinar 2016, juga sebagai upaya pencegahan kepada anggota agar tidak coba-coba menggunakan Narkoba. Karena mereka sangat rentan dan sering di lapangan. Tes urine ini akan kami lakukan secara berkala dan mendadak,” pungkasnya. (Sumber: beritametro.co.id)